Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Yogyakarta 2020



15 Jul 2020




Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan mahasiswa baru melewati proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri. Serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan pendidikan yang baru. Kegiatan PKKMB dijdikan awal pembinaan idealisme, penguatan rasa cinta tanah air dan hepedulian terhadap lingkungan. Hari pertama PKKMB Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dilaksanakan pada tanggal 14 Juli 2020 dan bertempat di Graha Bina Husada dengan menghadirkan satu perwakilan mahasiswa dari setiap prodi. Kegiatan PKKMB 2020 dilaksanakan secara online demi mematuhi dan melaksanakan protocol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19 yang diikuti seluruh mahasiswa baru melalui aplikasi Zoom.

Di hari pertama PKKMB sebelum acara dimulai, mahasiswa baru disuguhi tayangan kegiatan poltekkes kemenkes Yogyakarta dan profil organisasi mahasiswa. Kemudian, acara diawali dengan melakukan pre- test bagi mahasiwa baru sebelum mereka mendapatkan materi. Pre- test ini disampaikan oleh Badan Legeslatif Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. setelah pre- test selesai, barulah dilaksanakan pembukaan PKKMB online 2020. Pembukaan ini ditandai dengan Opening Ceremoney. Sebelum melanjutkan kegiatan dengan acara selanjutnya, seluruh civitas akademika melantunkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan dipimpin oleh panitia yang sudah ditunjuk. Kemudian disusul dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne dan Mars Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Selanjutnya acara diisi dengan sambutan yang disampaikan oleh panitia, Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dan sambutan oleh Kepala Badan PPSDM Kesehatan. Kemudian, dilakukan penyematan name tag secara simbolis oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta kepada perwakilan mahasiswa baru dari setiap prodi.

Setelah itu, barulah materi materi yang sesuai dengan tujuan dari PKKMB disampaikan kepada seluruh mahasiswa baru. Materi pertama disampaikan oleh Kepala Gugus Tugas Nasional. Materi pertama ini mengambil judul “Kebijakan Penanggulangan Pandemi Covid-19 di Indonesia”, judul ini diambil senada dengan keadaan pandemi yang terjadi diseluruh Indonesia. Sehingga diharapkan mahasiswa baru dapat menjadi pionir dalam upaya pencegahan penularan dan penanggulangan pandemi Covid-19. Usai materi pertama disampaikan oleh narasumber, acara kemudian diisi dengan materi kedua. Pada kesemptan ini, narasumber yang menyampaikan materi adalah Ketua KPK dengan mengangkat judul “Pendidikan Budaya Anti Korupsi pada Pendidikan Tinggi”. Sehingga diharapkan materi yang disampaikan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa baru untuk menjadi generasi muda penerus bangsa yang berintegeritas tinggi. Materi ini disampaikan kepada mahasiswa agar bersama sama memberantas korupsi dari tanah air. Kemudian, materi yang terakhr yaitu “Kebijakan Merdeka Belajar: Kampus Merdeka” yang disampaikan oleh LLDikti Wilayah V.

Usai ketiga materi disampaikan, mahasiswa baru dan segenap panitia serta tamu yang hadir diperkenankan untuk istirahat makan siang. Selanjutnya kegiatan PKKMB online hari pertama, mahasiswa baru dipersilahkan menyelesaikan tugas individu yang sudah disampaikan pada Pra- PKKMB. Penyelesaian tugas ini dimonitoring oleh mentor dan penanggungjawa dari setiap jurusan serta dipantau oleh Badan Legeslatif Mahasiswa. Setelah penugasan ini, selesailah kegiatan PKKMB online 2020.